5 Tips Bahagia Belajar #dirumahaja

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menghimbau masyarakat Indonesia untuk beraktivitas #dirumahaja. Himbauan ini bukan tanpa alasan, siapa yang tidak tahu bahwa saat ini kita diserang wabah virus corona yang mematikan. Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) mengancam aktivitas normal masyarakat untuk ‘dipaksa’ dilakukan #dirumahaja seperti, bekerja atau work from home (WFH) hingga belajar atau study from home (SFH). Pelajar hingga mahasiswa pun harus belajar secara online.

Selama hampir 2 bulan sejak Presiden RI menghimbau #dirumahaja, sejak kasus 01 COVID-19 Indonesia di awal bulan Maret 2020, sebagian dari pelajar merasa bosan, bahkan rindu sekolah seperti biasanya. Kebosanan itu nyatanya dapat menurunkan semangat belajar. Benar gak, guys? Sehingga produktivitas menjadi rendah, yang biasanya bangun pagi untuk berangkat sekolah/kuliah, malah bangun kesiangan dan happy rebahan aja.

Bagaimana ya, caranya supaya kita belajar di rumah, dapat seefektif seperti di sekolah/kampus. Nah, ini dia tipsnya:

  1. Buat ‘zona nyaman’ versi kamu

Belajar di rumah memang fleksibel. Bahkan, sambil rebahan di kasur dianggap menyenangkan. Tapi, bukannya belajar, ntar kalau sambil rebahan kamu akan mudah hilang konsentrasi, terus malah ketiduran. Untuk itu, pilih dan tentukan ‘zona nyamanmu’.

Atur dan pilih waktu yang tepat untuk kamu belajar. Lalu, eksplor bagian-bagian di rumahmu seperti, ruang belajar, ruang tamu, teras rumah atau balkon rumah. Misal di teras rumah nih, kamu bisa gelar tikar dan pakai meja portable. Udara segar dan pemandangan di luar rumah, bisa membantu pikiranmu fresh. Tapi, jika kamu lebih nyaman di ruang belajar, kamu bisa mendekor ruang belajar sesuka dan senyamanmu. Eits, pastikan juga tempat dengan pencahayaan dan sinyal internet yang cukup ya.

  1. Siapkan makanan ringan

Belajar itu membuat energimu berkurang untuk hal yang bermanfaat. Maka, dengan belajar terkadang membuatmu cepat lapar. Boleh sekali kamu belajar sambil nyemil. Bahkan, supaya kamu ga mengantuk selama belajar, dengan kamu mengunyah makanan, itu akan membantu supaya kamu tetap fokus. Usahakan camilan yang bergizi seperti, buah-buahan, kacang-kacangan, coklat, yogurt, serta ditemani minuman seperti susu dan teh hangat. Mmm nikmatnya.

  1. Jauhkan barang-barang yang membuatmu ‘salah fokus’

Belajar di rumah pasti ga akan luput dari gangguan seperti televisi, mainan, hingga smartphone. Untuk itu, supaya kita tetap fokus belajar, hindarkan dirimu dari barang-barang yang dapat memecahkan fokusmu.

  1. Belajar bareng teman secara online

Sebagian dari kita, terutama kalian yang memiliki kepribadian ekstover, lebih suka belajar secara berkelompok dan saling terbuka. Gak ada salahnya kamu belajar sambil videocall, bahkan bisa memanfaatkan fitur conference call pada aplikasi seperti, Zoom, Google Meet, Cisco Webex, Skype, dan lain-lain. Eh iya, aplikasi Whastapp juga mendukung fitur videocall hingga 8 peserta, loh. Melalui cara tersebut, kamu tetap bisa saling berinteraksi dan bertemu dengan temanmu, walaupun hanya di depan layar kaca.

  1. Atur waktu, belajar juga ga boleh kebanyakan

Ada sebuah perkataan bahwa “hidup itu belajar”, yang mana kata belajar di sini sangatlah luas. Belajar tidak hanya diartikan proses menerima ilmu atas materi pelajaran sekolah/kampus. Belajar bisa apa saja, dimana saja, dan kapan saja. Maka dari itu, kamu perlu banget mengatur waktu belajar materi sekolah/kampusmu.

Beri kesempatan bagi dirimu untuk mengembangkan potensi diri dan melakukan hobi. Agar tidak jenuh belajar online di depan laptop atau smarthphone, bisa nih membantu anggota keluargamu beraktivitas seperti, merawat hewan peliharaan, berkebun, hingga belajar memasak. Bahkan, agar kamu tidak bosan, kamu bisa manfaatkan fitur media sosial seperti Tiktok untuk membuat kreasi video, ngevlog, dan sebagainya. Seru kan?

Itu dia 5 tips agar kamu tetap dan #SiapBahagia belajar walaupun #dirumahaja. Ingat, nggak perlu panik atas pandemic COVID-19 yang menerpa kita. Tetaplah optimis, laksanakan protokol kesehatan, dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Yakinkan diri bahwa kita dapat melewati semua cobaan yang Tuhan berikan. Tetap semangat guys dan selamat beraktivitas bersama keluarga.

 

Kontributor: Shofi Munawwir Effendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat